Hantu Tertinggi bernama Longga' dari Sulawesi Selatan

Adalah nama yang diberikan untuk sebuah fenomena penampakan aneh yang terjadi di Sulawesi Selatan. Setelah kemarau dan embun menebal turun di malam hari, di dego-dego /beranda depan pada rumah panggung, terdengar suara mencangkul dari kejauhan yang makin lama makin dekat dan tetangga rumah juga mendengarnya (perkampungan yang terdapat di pinggir hutan), dengan suaranya yang jelas terdengar. 

Hantu Tertinggi bernama Longga'  dari Sulawesi Selatan
Hantu Longga Sul-Sel
Setelahnya, jangan melihat di kejauhan sana di tengah hutan karena ada sosok hitam tinggi besar dan peristiwa jejak-jejak itu bertebaran dan menjadi hal biasa di seluruh desa. tetapi pada awalnya jejak -jejak itu terasa tertinggal di atap rumah bahkan menjadi latar belakang pada semua pohon-pohon yang tinggi. " Longga" awalnya di tahun 50-a, Penduduk desa menjadi geger dan tak mengerti fenomena atau bayangan apa itu. Karena tak jelas, orang pun mulai berpikir tentang makhluk aneh bahkan setan yang gentayangan yang sangat tinggi di desa mereka. Itu sebabnya muncul "Longga"/ hantu tinggi, kata nenekku "sippadai ulunna lettu i' di langie', malotong naia kia mannessai, ri siterrukangi mappatettong bulu-bulu" terj "kepalanya nampak sampai langit, sangat jelas meskipun hitam sedemikian itu pula jika melihatnya kontan berdiri bulukuduk"

Mengantarai cerita ini seseorang bernama Kim, mudik dan nginap seminggu di kampung saudara sepupunya, maka berceritalah Kim tentang fenomena ganjil yang dilihatnya di Sulawesi Selatan tersebut.Cerita Kim berikut,

"Aku pingin cerita soal hantu longga yang aku alami waktu mudik baru-baru  ini. Sulawesi Selatan kota Angin Mammiri" dan bergerak sedikit kebagian tenggara. suatu hari di sela2 hari2 acara mudik itu (aku nginepnya seminggu), aku duduk di balkon depan rumah saudaraku sama sepupuku, Mike. Aku cerita2 soal teman2 ku yang dikejar hantu saat mereka main jelangkung tengah malem dan betapa konyolnya mereka menghadapi hantu sampai ada yang terkencing kencing, lalu kami tertawa tawa.

Lalu giliran Mike menceritakan tentang hantu longga disana. Ternyata hantu longga itu punya kebiasaan lebih lho. Dia tidak seperti begu ganjang. Begu ganjang yang biasanya baik dan bisa menolong manusia tapi longga tidak demikian, dia sering menampakan dirinya dan mengganggu manusia. Yang tidak kuat iman waktu melihatnya akan menderita sakit yang tidak kunjung sembuh sampai mati. Dulu waktu balita, ayahnya Mike pernah melihat hantu longga. Berarti hantu longga sudah ada sejak tahun 50an.

Aku tak sadar sudah hampir maghrib. Waktu itu rumah Mike masih dekat hutan (jadi depan balkon persis itu ada hutan), jadi kami membayangkan yang seram2. Eh benar aja aku dengar ada suara mencangkul dari kejauhan yang makin lama makin dekat dan aku tau Mike juga mendengarnya karena dilihat dari raut wajahnya yang sudah cemas. Dan aku liat dari kejauhan sana di tengah hutan ada sosok hitam tinggi besar. Aku tau Mike juga melihatnya, tapi untung kami pura2 tidak menghiraukannya dan beralih topik pembicaraan yang lain dengan Mike.

"Apa sebaiknya kita masuk rumah saja dan mandi?" ajak Mike. "Ayo" kataku. Lalu kita masuk rumah dan mengunci pintu rapat2 dalam keheningan dan kami berdua dalam keadaan merinding.
Terima kasih sekian ceritaku.
_____________
kaimuddin mbck, lacaj jejak dan kesan kisah dari "cerita Kim"

Hantu Tertinggi bernama Longga'  dari Sulawesi Selatan

{ 2 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

orang maros bisa tonji mengatakan...

longga' cerita yang menakutkan ketika saya masih kecil... terus berkarya kanda...... nice post

vhazollee mengatakan...

Longga itu hitam toh...?
Lalu hantu jenis apa yg sering dilihat org2 di Maccopa (hingga awal 90-an masih sering kejadian).

Sosok hantunya putih, tinggi, wajahnya datar (2 dimensi), bahunya kecil dan rendah dan jika berjalan tubuhnya miring ke depan.

Banyak yg pernah melihatnya.

Bahkan Kakak saya melihatnya dgn sangat jelas dan dekat.
Waktu itu thn 1989 saya tidur hingga masuk waktu magrib, di kamar yg pintunya terbuka (kamar saya punya 2 pintu, satu dari ruang tengah dan satu lagi pintu masuk sendiri dari luar rumah hingga bisa langsung masuk tanpa harus melalui pintu utama).

Ketika Kakak perempuan saya masuk ke kamar (dari ruang tengah) bermaksud membangunkan saya utk shalat magrib, dia mendapati ada hantu tinggi itu (Longga?) juga persis ada di samping saya yg sedang tertidur sptnya juga bermaksud membangunkan saya.

Posisinya membungkuk dlm kamar tapi dlm posisi itu dia masih lbh tinggi dari pintu rumah.
Kakak saya berdiri terdiam di pintu kamar (pintu yg dari ruang tengah) dan mereka bertatapan dan saling memperhatikan lama, hingga hantu itu bergegas keluar rumah (lewat pintu keluar) dan Kakak saya juga lari kembali ke ruang tengah dan berteriak memanggil saya dari ruang tengah (waktu itu kami hanya sedang berdua di rumah itu).

Hantu itu banyak org yg mengaku pernah melihatnya dan itu mereka sebut Longga (krn sosok tubuhnya sangat tinggi)

Poskan Komentar