workshop pembelajaran seni tari dan musik tradisional

Dialog Pra hari "H", Belajar Musik dan Tari, sedang gerak di panggung mengatasi rasa takut dan mengambil resiko dalam pengembangan bakat secara maksimum, sebuah Pengembangan Pribadi_Tahun ini ke 2 kalinya LEPASS (lembaga Pengkajian Strategi Salewangang ) unjuk kegiatan aspek penguatan budaya lokal di kab, Maros, workshop musik dan tari yang akan di gelarnya.tanggal 11 Maret 2012, jam 09.00 wita. Dalam acara pembukaan dan penutup usai kesepakatan pihak panitia acara dengan pementas  kolaborasi penari UNM dan pemusik tradisi BataraMaru, mengindahkan workshop yang melibatkan para seniman Maros dalam menambahkan sinopsis dari pentas tari sebagai rangkaian acara tersebut. Serangkaian pre-event workshop tari dan musik ini. Diperkirakan peserta yang hadir terbatas hanya 50 pesrta tanpa tendensi strata antara para pemula atau yang sudah mahir. Undangan Perihal Paparan musik dan tari secara teoritis oleh  A. Mustaqim.Ssn (dosen tari dan musik UNM). Serta aplikasi /praktisi tari yang langsung kepada peserta tentang dasar-dasar tari di pandu oleh Ibu Luny suniwati (pembina tari di kab Maros).

Melirik 2 hal ini tari dan musik, secara teoritis Latihan atau pendidikan musik dan tari ini akan sangat membantu perkembangan pada bagian otak tertentu yang digunakan untuk mempelajari bahasa dan daya nalar (aspek teori). memilih topik ini sebab Studi yang dilakukan belakangan ini telah menunjukkan bahwa latihan musik dapat mengembangkan kemampuan otak kiri yang dalam tugas sehari-harinya memproses informasi atau bahasa yang masuk ke otak dan pada dasarnya membantu otak tersebut mengalirkan sirkuit tertentu pada otak dengan cara tertentu. Memperdengarkan lagu-lagu yang familiar pada saat menangkap informasi baru cenderung meningkatkan daya rekaman otak, sebab hubungan timbal balik incoding dan decoding.
Bincang2 Musik dan tari sebagai apresiasi pembelajaran
Imam Tawakkal *pemerhati seni dan peserta sebelumnya (thn lalu) sekarang menabuh drum di Band favorit Bali, mengungkapkan pengalama awalnya "Pelajaran musik dan tari membangun kemahiran-kemahiran yang nantinya akan sangat berguna pada saat memasuki dunia kerja, aku mudah fokus dan mementingkan pada aspek “aksi” juga penguatan saat tempa prosesi berseni awal di sanggar al Adzani, saat sma dulu, sekarang aku bisa tampil dimana saja dan kapan saja di dunia.

Thalib Bani Wahab (pemerhati seni) "Terdapat pula hubungan yang sangat erat antara musik dan daya nalar spesial. (spatial intelligence – kemampuan untuk menangkap informasi tertentu dengan cepat dan dapat membuat gambaran secara mental atas hal-hal yang dilihat). Intelegensia seperti ini, dimana seseorang dapat memvisualisasikan berbagai elemen pada saat bersamaan sangat penting fungsinya untuk banyak hal dari menyelesaikan tugas matematika yang kompleks sampai pada kemampuan untuk mengingat apa saja yang akan diperlukan untuk dimasukkan dalam tas sekolah pada hari itu.

Ibu Chia dari smp pergis maros, "kelompok murid-murid yang belajar musik tradisi di sekolah kami baik secara langsung atau dari Forum Musik dan tari semisal workshop, siswa-siswinya cenderung belajar berpikir secara kreatif dan memecahkan masalah dengan cara membayangkan berbagai alternatif solusi yang ada, sehingga menolak ketentuan dan asumsi yang berlaku.

H.Muh Hantar (guru seni budaya di sma 6 maros) "Semakin anak kita menguasai alat musik yang dipelajari atau anak kita makin luwes dan makin banyak mengenal ritme jenis musik, mereka akan semakin tertarik, memberikan suatu kesempatan kepada mereka untuk mempertontonkan kemahiran mereka tuk apresiasi tentu akan membuka banyak kesempatan-kesempatan berharga yang dapat memperkaya hidup mereka.

Muh. Iqbal (Ketua Panitia workshop), Kedai Coklat lantai 2, area workshop tersebut, Pada ahad 11 Maret 2012, ada pemutaran feature audio visual pementasan beberapa tari  hasil presentasi tari original masy kab maros hasil liputan teman2 seniman maros. kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kerja sama antarperguruan tinggi seni dengan para pecinta seni, baik individu, institusional maupun komunal, dalam rangka menumbuhkembangkan tradisi kehidupan kreativitas seni. Acara ini pula bertujuan menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni serta kesadaran baru pentingnya pendidikan seni dalam upaya menumbuhkan rasa dan “competitive pride”."Kami telah berkoordinasi dengan Saudara Muh,NurJaya untuk memastikan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sekretariat: Warkop Dg Te'ne> Jl. Jndral Sudirman no 154 Maros.Sul-Sel
Kegiatan yang merupakan kerja sama antara LEPASS dan Dewan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Poskan Komentar