Batu Permata (Sejarah dan Karakter)

Alam Batu permata
Konsentrasi yang cukup signifikan dilakukan oleh alam ketika habitatnya sendiri tak henti-henti membentuk permukaan planet bumi ini, alam seolah mengerami batu sebagai pasak bumi lalu me-formasi batu-batu mulia sebagai pilihan atas  hasrat impian manusia sebagai salah satu nilai estetika. Juga semisal batu mata kucing yang terjadi atas pembekuan zat asam yang terlahir dari sifat air dan mengandung sulfur perekat tertinggi dalam proses ribuan tahun lamanya. Reaktualisasi atas keindahan batu mulia sebagaimana keadaannya terbentuk jauh di dalam bumi yang mengalami tekanan kuat sebabkan atom-atom karbon membentuk kristal. Sesi lain atas batu berbentuk kristal yang terkeluar dari permukaan bumi akibat letusan gunung berapi dan ia boleh ditemui di dalam batu-batu gunung berapi yang dikenali sebagai ‘kimberlite’ dan ‘lamproite’, juga tanggapan sebagai batu mulia sebab kekerasan atau benda yang keras di bumi ini.


Tampaklah seakan alam menyediakan dirinya atas kelengkapan manusia terhadap perhiasan batu permata, ya benda yang indah, batu alam yang menggoda dan mempercantik diri adalah hal telah berlangsung selama ribuan tahun,  silangkait antara nilai gengsi atas  harga sebuah batu mahal sebagai perhiasan impian. Lebih jauh bahwa cincin, kalung, atau gelang yang dikenakan manusia untuk keperluan kemewahan juga tujuan keberuntungan bahkan sebagai jimat adalah hal yang juga telah tumbuh berakar sejak ribuan tahun silam sedikit lebih muda dari usia batu mulai diproses oleh alam.


batu permata jenis topas sebelum olah
Batu permata di seluruh daratan Benua Afrika dan eropa terlebih dari Pegunungan Himalaya telah membawa hasrat manusia dalam proses pencarian di barisanan  pegunungan luas tersebut, ahli pelacakan batu mulia pun menemukan berbagai macam batu mulia di tempat ini, semacam Zamrut dan Rubi di Afghanistan dan Pakistan, Safir yang cukup indah di Kashmir, Rubi di Nepal, bahkan di daratan Myanmar (Burma) mengadaptasikan dirinya sebagai tempat temuan Giok dan Rubi yang terbaik didunia.

Penambangan Batu Mulia permata
Btu mulia sebab dunia pertambangan bawah tanah saat manusia belum diguncang tekhnologi dengan pertambangan model hidrolik dengan anasir kandungan batu terbaik tergantung pada seberapa jauh ke dalam bumi terletak batu semisal rubi dan pencarian secara raksasa pun melibatkan mengumpulkan permata  dengan pra-syarat yang jelas tentang bagaimana mengidentifikasi kerikil yang mungkin bisa berisi batu rubi. Atas upaya penambang tampaklah sebuah panci besar diisi dengan air dan kemudian itu diguncang bolak-balik untuk memastikan bahan berat jatuh ke dasar panci, ini diulang sampai ada sejumlah kecil konsentrat yang tersisa di panci. Kemudian berkonsentrasi ini adalah pindah ke panci yang lebih kecil untuk melihat apakah ada permata atas (ke) finishing yang ditetapkan dari laboratorium sederhana milik kerajaan mungkin juga milik kolektor batu ? wallahu a'lam.


proses finish pertambangan ruby, sapphire, spinel, di Burma
sebab batu mulia ini kaki hingga puncak gunungpun dideteksi, dibersihkan dengan menebang pohon-pohon dan semak-semak. Dynamite kemudian digunakan untuk mengguncang hingga  ledakan puncak gunung lalu bebatuan besar mulai dijelajahi demi sebuah hasil : Batu permata.


Penambangan batu permata sangat banyak metodenya  termasuk  menggali bawah tanah sampai mereka menemukan batu permata. atau juga melubangi batu dengan bor yang besar dengan dorongan air berkecepatan tinggi juga atas pendorong lumpur dalam gua melalui terowongan gelap demi menyisahkan batu permata. Tibalah bahwa batu dipecah menjadi potongan kecil atau menengah dengan menggunakan bahan peledak seperti dinamit. Batu-batu ini kemudian diproses untuk mengekstrak menjadi batu permata mentah, dan dibersihkan, dipotong dan dipoles untuk menghasilkan barang jadi.

Proses terjadinya konsentrasi formasi batu mulia ini pun berlangsung ditemukan pada hampir di sebagian belahan bumi, batu Berlian, Rubi, Safir, Zamrut, Chryssoberyl, Opal dan Garnetnya, menandai Benua Eropa dengan Aleksandrit, Amber, Berlian, Zamrut, Feldspar, Garnet, dan Lapis Lazulinya, Benua Amerika dengan Safir, Turmalin, Pirus, di selatan Amerika pun dapat ditemukan batu Zamrut dan Turmalin yang terbaik di dunia, Benua Australia dengan Opal dan Safirnya, dan di Indonesia kita mempunyai konsentrasi formasi Berlian dan Kecubung (Amethyst) di Kalimantan, Opal di Jawa Barat, Mutiara di bagian timur, dan Chalcedony di hampir seluruh wilayah Indonesia.


diamond Martapura Indonesia  intan berlian
Kaidah Jelajah Batu permata mulia : adalah upaya menentukan asal usul batu permata secara geografis, tentu tidak dapat menggunakan ilmu pasti, lebih sedikit pada jejak dari mineral lain ataupun materi yang ikut serta. ketika ditemukan di dalam batu permata dapat menjadi petunjuk asal batu permata tsb, secara geologis maupun geografis, namun menentukan asal batu permata lebih terpercaya apabila terdapat sejumlah karakteristik dan ciri individual yang dimiliki seperti materi yang dibawa, bentuk perkembangannya, ciri fisik dan kimiawi yang secara nyata dapat dibedakan dari batu permata tempatnya berasal atau mungkin dari daerah yang sama maupun daerah yang lain dalam motif, fantasi atau secara kandungan utama yang di sebut "kilau /kemilau dari kedalam batu beraura atas pandangan mata.


Jejak SEJARAH BATU PERMATA termahal

Keindahan dan hasrat terhadap logam mulia serta batu permata menumbuhkan inspirasi lain semacam membuat batu permata dalam bentuk ukiran (selain) seperti bunga, jambangan serta bentuk benda seni lainnya. Perhiasan kalung tertua pun dalam makam kuno ditemukan ada yang berusia 20,000 tahun terdiri dari kulit kerang, tulang dan gading, sedang Batu (giok) telah dikenal diChina 4500 tahun silam. Pada saat yang hampir sama seniman-seniman Sumeria dan Mesir juga membuat perhiasan dengan mengukir batu permata dari jenis batu lapislazuli, turquoise (pirus), chalcedony, amethyst (kecubung) serta lainnya.


batu permata ditengah mahkota Imperial Kerajaan Inggris.
Koleksi Mineral dan Batu Mulia Nasional di museum dunia adalah salah satu dari koleksi terpenting di dunia. Menandai keberadaan  termasuk Berlian Hope dan batu safir yang disebut Safir Bintang Asia. Museum memiliki lebih dari 15 ribu batu mulia, dan dianggap sebagai salah satu koleksi terlengkap di dunia.

De Beers Centenary Diamond, kelas tertinggi intan tidak berwarna dan secara internal maupun eksternal tanpa cela pada 273. 85 karat (54. 77 g), terbesar berlian oleh Gemological Institute of America resmi akhir Mei 1991, dengan harga Rp.1 Trilyun



ket gambar : Berlian biru  terbesar di dunia atau "Hope" adalah salah satu dari bintang pameran. Beratnya 45,52 karat[5] dan dipercaya sebagai berlian yang membawa sial bagi pemiliknya. Ketika dimiliki individu, hampir semua dari pemilik Berlian Hope mengalami kesulitan keuangan dan terpaksa menjualnya. Safir Bintang Asia adalah safir terbesar di dunia, berasal dari Sri Lanka, dan beratnya 330 karat.  He Cullinan berlian kasar terbesar kualitas merupakan berlian dengan  3, 106. 75 karat (621. 35 g). Batu poles terbesar dari batu permata bernama Cullinan I atau Bintang Pertama Afrika, dan pada 530. 2 carats (106. 0 g) adalah berlian terbesar di dunia hingga tahun 1985 penemuan Golden Jubilee Diamond , 545. 67 karat (109. 13 g), juga dari Premier Mine. Cullinan Aku sekarang dipasang di kepala dengan tongkat kayu Salib. Permata terbesar kedua dari batu Cullinan, Cullinan II atau Bintang Kecil Afrika, di 317. 4 carats (63. 5 g), adalah berlian terbesar keempat di dunia. Kedua permata berada di Crown Jewels dari Kerajaan Inggris.


Koleksi Aula Geologi, Batu Mulia, dan Mineral antara lain berasal dari Washington A. Roebling (pendiri Jembatan Brooklyn) yang menyumbangkan 16 ribu spesimen, Frederick A. Canfield menyumbangkan 9 ribu spesimen, dan Dr. Isaac Lea yang menyumbangkan 1312 batu mulia dan mineral sebagai koleksi awal, sedang orang-orang Romawi sangat menyenangi batu-batu akik berukiran.

Dari mana sajakah datangnya batu-batu permata yang indah dan menakjubkan tersebut? Menurut catatan sejarah, batu-batu permata yang masih berbentuk seperti krikil namun berwarna-warni pertama kali ditemukan di sungai-sungai dan pantai- pantai. Dengan semakin berkembangnya zaman dan peradaban manusia, berbagai jenis permata mulai ditambang secara lebih teratur dari berbagai daerah pengahasil dan dengan demikian perdagangan batu permata kian berkembang pesat. Orang Mesir menambang batu turquoise di Sinai dan batu amethyst (kecubung) di dekat Aswan,tetapi mereka mengimpor batu lapis lazuli dari Badakshan,Afganistan, tempat satu-satunya di dunia yang dikenal sebagai penghasil lapis lazuli, seperti berikut ini




 _________________

Kisah Batu Mulia : Dibelahan bumi lain salah satu dari permata mahkota british!, Biasa dikenal "Gunung Cahaya" dari Persia juga dieja Kohinoor, dengan 105 karat (21. 6 g) berlian yang dulunya dikenal berlian terbesar di dunia. Para Kohinoor berasal di Golconda di negara bagian Andhra Pradesh di India. Milik berbagai Sikh, Mughal, dan penguasa Persia yang berperang dengan sengit di atasnya pada berbagai titik dalam sejarah dan merebut sebagai perang merusak waktu dan lagi. Setelah benar-benar mengabaikan Maharaja Ranjit Singh's akan itu akhirnya disita oleh East India Company dan menjadi bagian dari Permata Mahkota Inggris ketika Perdana Menteri Inggris menyatakan Benjamin Disraeli Ratu Ratu Victoria India pada 1877. Ini adalah legenda bahwa siapa pun yang memiliki Koh-i-Noor menguasai dunia. lihat gambar dimaksud berikut



Kemungkinan kutukan yang berkaitan dengan kepemilikan dari berlian tanggal kembali ke teks Hindu yang berkaitan dengan penampilan dikonfirmasi pertama dari berlian tahun 1306: " He who owns this diamond will own the world, but will also know all its misfortunes. "Dia yang memiliki berlian ini akan memiliki dunia, tetapi juga akan mengetahui segala kemalangan. " Hanya seorang wanita dapat memakainya dengan bebas.


Dan tanggapan lain atas kemanfaatan batu mulia sebagai perhiasan  oleh para pemiliknya teranggap sebagai symbol kekuasaan atau lambang keberhasilan secara materi juga di percaya oleh sebagian masyarakat sebagai pelindung dari bahaya / penolak bala. (sebagian fahaman dalam Islam menolak perihal demikian dan disebut sebagai musyrik dengan anggapan batu terbut diposisikan demikian maka mudah terhinggap penyakit ain (pandangan mata) se-kausalitas ditinggali jin/ jin mudah berada di batu tersebut)


Klasifikasi Batu mulia 

Ruby Merah atau disebut Mirah kadang disebut merah delima: dengan tampilan variasi merah tua aluminium oksida yang jernih dan bersih, dihargai sebagai batu mulia: juga disebut merah delima murni.Yang sangat berharga untuk aluminium oksida yang alami adalah ruby ( dari bahasa Latin yang berarti Rubrum atau, ‘ merah’). warna suatu ruby sangat bervariasi dari yang merah jambu sampai ke suatu merah yang sangat lembayung RUBY mempunyai warna merah terang anggur bebas dari warna coklat atau warna warna ungu atau warna yang kuat atau terang yang mengingatkan kepada warna darah atau buah kersen atau buah tomat atau merah delima. 





Warna merah ini terdiri atas alumunium yang tercampur dengan chrominium (Cr); akan tetapi kalau tercampur dengan sedikit Titanium (Ti) warnanya berubah menjadi biru dan namanya safir, jika tercampur dengan zat besi warnanya berubah menjadi kuning yaitu safir kuning. Ruby dari tambang Myanmar adalah lebih tua dari sejarah yaitu jaman batu. Selain Ruby Birma, dikenal pula Ruby madagaskar, dan Ruby Afrika. Akan tetapi kualitas dan keindahan Ruby yang berasal dari Madagaskar dan Afrika masih dibawah Ruby yang berasal dari Birma. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa harga pasaran untuk Ruby Birma lebih mahal, apalagi Ruby Birma yang memiliki star (ster).Bagi para pecinta batu, harga batu Ruby untuk pasaran di Jakarta dan martapura sebagai parameter harga, berkisar antara Rp 100.000 sampai puluhan Juta rupiah. Keindahan dan kemewahan batu Ruby tak bisa dipungkiri lagi telah membius banyak kolektor untuk berburu batu ini.

Pemakai batu ruby mempunyai keyakinan batu yang dikenakannya akan memberikan kebahagiaan dan menambah wibawa pada dirinya. “Batu ini tergolong batu yang sangat digemari karena warna merahnya dapat bersinar di tempat gelap dan dapat berpijar jika diterangi sinar ultraviolet. Ruby adalah birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Juli. Pada grafik Zodiac, ruby ​​adalah batu untuk Capricorn. Ruby juga dipakai untuk merayakan ulang tahun pasangan 15 dan 40.
Lintas sejarah ruby : dalam Antiquity, serta di Abad Pertengahan orang-orang percaya bahwa alam semesta tercermin dalam batu permata. ruby ini ditugaskan kepada planet Mars dan Pluto. Gerakan esoteris menghidupkan kembali kepercayaan kuno dan industri permata membuat alat lain pemasaran untuk mempromosikan permata tertentu. kekuatan penyembuhan permata tetap menjadi masalah kontroversial, tapi disebutkan selama berabad-abad oleh penyembuh, dukun dan laki-laki obat. Entah itu fakta atau efek plasebo tidak masalah, jika itu membantu. Pendekatan paling aman adalah dengan memakai batu permata dalam kontak kulit ke bagian bermasalah dari tubuh.
Ruby dikatakan sebagai perlindungan kesehatan umum dan bantuan untuk masalah sakit punggung dan kuku. Ruby warna cinta : warna apa yang spontan mengasosiasikan pada cinta , semangat, gairah dan kekuasaan?  Sudah jelas, bukan? Merah. Merah adalah warna cinta. Ini memancarkan kehangatan dan rasa vitalitas yang kuat. Dan merah juga warna ruby, raja dari batu permata. Dalam dunia batu permata, batu mirah adalah penguasa tak terbantahkan. Selama ribuan tahun, ruby ​​telah dianggap sebagai salah satu batu permata paling berharga di Bumi. Batu ini memiliki segala yang harus dimiliki batu mulia: warna megah, kekerasan yang sangat baik dan kecemerlangan yang luar biasa. Selain itu ruby adalah sebuah batu permata yang sangat langka, terutama untuk kualitas terbaiknya. Untuk waktu yang lama India dianggap sebagai negara klasik asal ruby. Dalam karya-karya utama sastra India, sebuah toko kaya pengetahuan tentang batu permata telah diwariskan selama lebih dari dua ribu tahun. Istilah 'korundum', yang kita gunakan saat ini, berasal dari kata Sansekerta 'kuruvinda'. Kata Sanskerta untuk ruby ​​adalah 'ratnaraj', yang berarti sesuatu seperti 'raja batu permata'. Dan itu memang menyambut kerajaan yang digunakan harus siap untuk itu. Setiap kali sebuah kristal batu rubi yang sangat indah ditemukan, penguasa mengirimkan pejabat tinggi di luar untuk memenuhi batu permata berharga dan menyambutnya dalam gaya yang sesuai. Hari ini, rubi masih menghiasi lambang rumah tangga banyak kerajaan. Tapi apakah mereka benar-benar semua rubi asli? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!


Ruby adalah berbagai merah mineral korundum, salah satu mineral yang 
paling sulit di Bumi, yang safir juga beragam. Korundum murni tidak berwarna. Sedikit jejak elemen seperti krom, besi, titanium atau vanadium bertanggung jawab untuk warna.Ini batu permata memiliki kekerasan yang sangat baik. Pada skala Mohs nilai mereka dari 9 adalah kedua hanya untuk yang dari berlian. Hanya korundum merah berhak untuk disebut ruby, semua warna lain yang diklasifikasikan sebagai safir.Hubungan erat antara ruby ​​dan safir hanya telah dikenal sejak awal abad ke-19.Sampai saat itu, garnet merah atau spinel juga dianggap batu rubi. (Itu, memang, adalah mengapa 'Black Ruby' dan 'Timur Ruby, dua dari Permata Mahkota Kerajaan Inggris, begitu bernama, 
ketika mereka tidak benar-benar rubi sama sekali, tapi spinel.)


Ruby, varietas ini merah megah dari keluarga multi-warna korundum, terdiri dari oksida aluminium dan krom serta jejak yang sangat baik dari unsur-unsur lainnya - tergantung pada deposito itu dari. Dalam warna benar-benar halus dan kejelasan yang baik, Namun, batu permata ini hanya terjadi sangat jarang di tambang-tambang di dunia. Agak paradoks, sebenarnya unsur pewarnaan krom yang bertanggung jawab untuk kelangkaan ini. Benar cukup, jutaan tahun yang lalu, ketika batu permata sedang diciptakan jauh di dalam inti Bumi, krom adalah elemen yang memberikan warna ruby ​​indah. Tetapi pada saat yang sama itu juga bertanggung jawab untuk menyebabkan banyak celah dan retakan di dalam kristal. Jadi hanya sedikit ruby ​​kristal diberi kondisi yang baik di mana mereka bisa tumbuh tidak terganggu dengan ukuran yang cukup besar dan mengkristal untuk membentuk batu permata yang sempurna. Untuk


Mengenal Zamrud termahal : adalah warna hijau yang sangat harmonis menatapnya terasakan sejuk juga cinta, zamrud termahal bahkan tak melelahkan untuk ditatap, sebuah warna menempati posisi khusus dalam banyak budaya dan agama.  Hijau, misalnya, adalah warna suci agama Islam. Banyak negara bagian Liga Arab telah hijau di bendera mereka sebagai simbol kesatuan iman mereka.Namun warna ini memiliki status yang tinggi di dalam Gereja Katolik juga, di mana hijau dianggap sebagai yang paling alami dan paling mendasar dari warna liturgi. Hijau zamrud dalam ketertarikan lainnya karena dianggap segar dan hidup di pada setiap nuansa.


Zamrud Mahkota milik istri Napoleon III


Sejarah memperkirakan bahwa kaum mesir (egypt) sudah menambang emerald sejak 3500 SM dan terdapat juga adanya bukti adanya aktifitas penambangan di eropa tengah sekitar tahun 500 SM sampai 400 M. konsentrasi penambangan terbesar pada masa itu dalam sejarah Mesir (egypt) sampai abad ke 16, setelah akhirnya penjelajah spanyol menemukan pertambangan yang terbelangkai (oleh suku inca) di Amerika selatan di sebuah daerah yg disebut Colombia, dan sampai saat ini Colombia masih tetap sebagai negara penghasil emerald yang terbaik didunia.
Permata zamrud alami, Anda akan melihat inklusi dan celah di batu permata. Ini adalah kejadian alam yang berkembang selama jutaan tahun yang diperlukan zamrud secara alami terbentuk. Batu permata dan perhiasan kekasih yang tahu tentang zamrud menerima inklusi dan rekahan. Tidak mengherankan kemudian bahwa zamrud diklasifikasikan sebagai salah satu dari empat batu berharga bersama dengan tradisional safir, ruby ​​dan berlian.  Istilah "Kolombia" zamrud sering digunakan untuk menggambarkan hidup, batu hijau sedikit kebiruan medium, untuk warna gelap menengah, tidak peduli apa yang sebenarnya asal geografisnya. Zamrud warna ringan kadang-kadang disebut "Brasil" zamrud, bahkan jika mereka ditambang di Afrika.  




 Emerald adalah birth stone untuk Mei dan untuk memperingati ulang tahun pernikahan ke-20 dan 35.  Zamrud telah diselenggarakan dengan harga tinggi sejak zaman kuno.  Untuk alasan itu, beberapa  zamrud terkenal sebagian besar harus dilihat dalam museum dan koleksi. The New York Museum of Natural History, misalnya, memiliki sebuah pameran di mana secangkir terbuat dari zamrud murni yang milik Kaisar Jehangir ditampilkan di sebelah 'Patricia', salah satu kristal zamrud terbesar Kolombia, yang beratnya 632 karat.

Excellent zamrud kristal di dalam, hijau zamrud indah dan dengan transparansi yang baik berasal dari Zambia. warna mereka kebanyakan lebih gelap daripada zamrud Kolombia dan sering memiliki denda, sedikit nada kebiruan. Brazil juga memasok zamrud mata kucing langka dan jarang jamrud sangat dengan bintang-spoked enam. Berkat menemukan di Afrika dan Brazil, ada zamrud lebih di pasar sekarang daripada dulu ada - untuk menyenangkan penggemar zamrud -.
 

Bentuk ke Pemotongan Zamrud   : pemotong permata terampil, memotong zamrud menyajikan tantangan khusus, pertama karena bernilai tinggi dari kristal mentah, dan kedua karena sering inklusi. Memang, mereka telah mengembangkan dipotong khusus hanya untuk permata: zamrud cut )ketting) Desain jelas ini atau persegi dipotong persegi panjang dengan sudut miring yang memunculkan keindahan batu permata yang berharga sampai penuh, pada saat yang sama melindungi keadaan batu dari  strain mekanik.
 
 zamrud besar khususnya hanya harus dibeli dengan laporan dari lembaga gemmological reputasi baik. Seperti sebuah lembaga pemeriksaan teknik paling modern, untuk membedakan andal antara zamrud alami dan sintetik, dan akan menginformasikan Anda sebagai apakah batu telah mengalami perlakuan dari jenis pembeli memiliki hak untuk tahu. Harga berkualitas zamrud atas mungkin lebih tinggi dari yang dari berlian dari berat yang sama. Memancarkan pesona oleh zamrud denda hanya unik. Kita dapat menganggap bahwa itu adalah kurangnya pengetahuan teknis dan bukan penipuan yang menyebabkan kesalahan ini. Sebab kesalahan beberapa perhiasan akan berani mengambil risiko dipenggal kepalanya karena sengaja curang juga  warna zamrud hendaknya mempunyai  wawasan yang baik sebagai pengetahuan dan membedakan Zamrud yang pada dasarnya berwarna hijau dan dapat berkisar dari hijau sangat pucat ke warna hijau tua. Rentang warna hijau zamrud menengah yang paling dicari. Hal ini dimungkinkan untuk beberapa zamrud untuk menunjukkan sedikit sedikit biru di hijau, dapat terjadi. wallahu a'lam.

Batu cincin kegemaran dan sedang di pakai bapak Presiden SBY  bernama “lumuik Sungai dareh”.
Lumuik Sungai Dareh adalah jenis batu cincin yang terdapat di Dharmasraya Sumatera Barat, jenis ini banyak diminati karena tekstur batunya yang khas dan berwarna bening, lihat berikut


Idiom & Pertambangan Zamrud : smagrad dalam bahasa Belanda / Batu Zamrud Dalam bahasa Inggris disebut emerald Zamrud di zaman kuno yang ditambang oleh orang Mesir dan di Pakistan dan Austria. Sebuah jenis yang jarang ditemukan dari sebuah batu zamrud yang dikenal sebagai zamrud trapiche kadang-kadang ditemukan di tambang Kolombia. Sebuah pameran zamrud trapiche "bintang" pola, Kolombia merupakan pusat dunia pertambangan zamrud. Tambang Muzo, barat laut Bogota, menghasilkan batu halus-kualitas warna hijau tua. The New York Museum of Natural History, misalnya, memiliki sebuah koleksi di mana sebuah cangkir terbuat dari zamrud murni milik Kaisar Jehangir, akan ditampilkan di sebelah 'Patricia', salah satu kristal zamrud terbesar Kolombia, yang beratnya 632 karat.
Desain ke proses fisishing jelas ini dipotong persegi panjang atau persegi dengan sudut miring yang memunculkan keindahan batu permata yang berharga sampai penuh, pada saat yang sama melindungi dari strain mekanik. Zamrud juga dipotong dalam bentuk lain terutama bentuk klasik, tetapi jika bahan baku berisi sejumlah besar inklusi, itu mungkin sering dipotong menjadi lembut cabochon bulat seperti berikut ini.


Karakter Zamrud : terdiri atas campuran beryllium, aluminiumoxyde, dan kiezelzuur. Batu zamrud yang tulen berwarna hijau rumput (daun) dan digemari orang karena keindahannya yang lembut dan menawan hati. Batu Zamrud berwarna hijau istimewa ini dari Columbia (Hans Collection) Orang mengenal batu zamrud ini sejak purbakala, bahkan ada dongeng yang mengatakan bahwa zamrud ini berasal dari airmata Hawa atau Eva yang setelah jatuh ke dalam dosa dan terusir dengan Adam dari Taman Firdaus mencucurkan air matanya, lalu airmata itu menjadi batu-batu zamrud.  Sifat lain dari batu zamrud ialah batu ini kuat menahan panas dan tak mudah berganti warna. Namun batu zamrud harus dipelihara dengan baik karena jenis batu ini tidak boleh terbentur terlampau keras. 


 kekerasan bukanlah segalanya dan jamrud membuktikan ini. 
Meskipun kekerasan mengesankan dari jenis batu permata lain, keberadaan inklusi alam tak selalu di tetapkan/ ukur dari kekerasan batu

Batu zamrud mudah sekali berkelumur. Pada zaman dahulu orang mengenakan batu zamrud sebagai bandul kalung atau diikat pada cincin agar dapat menolak segala pikiran jahat dan menjaga diri supaya suci murni (terutama bagi gadis-gadis). Apabila batu zamrud yang sedang dipakai terjatuh, maka ini menjadi suatu tanda atau alamat akan terjadi hal yang tidak menyenangkan atau merugikan pemiliknya.  

Batu zamrud sangat berbeda dengan batu mulia lainnya, selain tahan panas juga tidak mudah berubah warna, namun tergolong batu yang mudah pecah (rapuh) dengan skala kekerasan 7,5 Mohs (skala 10). Batu ini tergolong rapuh dan tidak sekeras Safir atau Ruby yang memiliki tingkat kekerasan hampir 9 Mohs (skala 10). Sehingga harga batu Zamrud dengan bentuk cuting lebih mahal dibanding Zamrud yang diproses dalam bentuk biasa.Kurangnya pengetahuan batu permata membuat banyak orang percaya bahwa semua permata hijau zamrud. Hal ini mirip dengan spinels merah yang diidentifikasi sebagai rubi.


 Sejarah memberitahu kita bahwa koleksi perhiasan Cleopatra termasuk beberapa
 batu permata zamrud yang menakjubkan.

 Tetapi para ahli Gemological membuktikan bahwa sejumlah besar ‘emerald’ dia Peridot Infact perhiasan yang terkandung dan tidak zamrud. memeriksanya dengan 2 metode umum yang paling tidak bisa membantu pembeli/kolektor untuk memeriksanya, yaitu : senter khusus untuk memeriksa batumulia, lensa pembesar minimal 10x. Lensa pembesar bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 75.000 sd Rp 150.000. Sebelum membeli Zamrud idaman, Cahaya senter diarahkan dari bawah dan juga diperiksa dari atas dengan lensa pembesar. Bila terlihatlihat ada gelembung udara yang bentuknya bundar-bundar seperti bola-bola kecil, maka zamrud Anda jelas tidak asli alias sintetis.. Hanya Anda perlu pengetahuan tentang fluid inclusions yang bentuknya bundar juga (membentuk three-phase inclusions yang sangat umum terdapat di zamrud Columbia ) . Walaupun pemeriksaan di atas sangat dasar , kalau Anda sudah berpengalaman, maka kesimpulan bisa didapat . 
Hanya, untuk memastikan, beberapa pemeriksaanlain perlu dilakukan seperti kilap, berat jenis, indek refraksi, warna di bawah filter Chelsea, retakan didalamnya, rataan distribusi warna, kadar mineral, dsb. Mengingat harga zamrud tersebut cukup mahal, ada baiknya kalau anda cermat tidak berspekulasi saat membeli, kalau memungkinkan membawa teman yang berpengalaman saat membeli.

Bila Anda melihat zamrud hijau yang sangat gelap, periksa apakah konsentrasi berat inklusi internal adalah memberikan batu permata penampilan yang gelap. Sebuah batu permata yang sangat pucat hijau zamrud dapat exaggarate yang inklusi dalam batu permata. Tidak peduli apa warna hijau zamrud Anda pilih untuk Anda, Anda dapat dengan bangga mengklaim memiliki salah satu batu permata hijau paling berharga dan diinginkan. Salah satu fitur yang paling penting bahwa pembeli permata dicari adalah kejelasan dalam batu.

khasiatnya Zamrud : 1.Membawa keberuntungan 2.Pandai berbicara dan diplomatik bagi si pemakai 3.Memperbesar kekuasaan di pemakai 4.Memberikan kejayaan atau keuntungan lahir 5.Memberi peringatan pada si pemakai kalau bakal mengalami bencana, warnanya menjadi pucat. Keyakinan batu yang dikenakannya akan membawa keberuntungan. Dan tak jarang kita lihat para pebisnis banyak yang memakai Zamrud sebagai batu kesayangan mereka,  Emerald merupakan birthstone bagi mereka yang lahir pada bulan Mei. Zamrud adalah batu permata untuk memperingati ulang tahun pernikahan ke-20 dan 35. Batu mulia zamrud lebih suka mereka menyebut  batu ‘lahir tanda’ dari gem. Zamrud seperti permata lainnya yang diperlakukan untuk meningkatkan sifat baik mereka.

Berabad-abad yang lalu kitab suci Veda India disebutkan tentang zamrud dan itu berpengaruh positif terhadap kehidupan. Ini mungkin adalah reasin mengapa maharajas India dan ratu dihiasi diri dengan perhiasan mahal bertabur zamrud.


Batu zamrud yang pertama : dikenal di Eropa berasal dari pegunungan antara Ethiopia dan Mesir dengan unsur kimiawi : Beryllium Alumunium Silicate (Be3Al2(SiO3)6) Susunan Bentuk Kristal : Hexagonal Tingkat Kekerasan : 5,5 – 8 Berat Jenis : 2,67 – 2,80 Indeks Bias : 1,577 – 1,60 Emerald (zamrud) . Walaupun tidak memiliki tingkat kekerasan seperti diamond atau corundum, papat dikatakan bahwa kadar Scythia adalah sumber dari batu zamrud yang paling halus.  Warna keindahan Zamrud ini secara sekilas memiliki kemiripan dengan Giok, dan Batu Bacan (berasal dari pulau Bacan-Indonesia Timur) yang memiliki warna dasar hijau. Tapi bila ditelisik lebih jauh akan serat dan pancaran warnanya, Zamrud sangat memiliki keindahan dibanding dengan giok ataupun Batu Bacan (kritokola Bacan) Membedakan zamrud asli atau sintetis Berdasarkan pengalaman, antara kedua tadi ia zamrud lebih cerah dan bening, maaf tapi tidak mudah untuk memberikan pendapat tentang asli tidaknya zamrud tersebut. Walaupun demikian, anda bisa  mereka-reka hijau atau hijau kebiruan dalam warna dengan pasti terdapat serat.( perhatikan batu mulia karakter/motif zamrud dari negara sumbernya) Seiring dengan batu rubi dan safir, permata zamrud diklasifikasikan sebagai batu permata yang berharga. Namun secara plural tinjaun pustaka membenarkan bahwa Colombia pusat pertambangan zamrud terbesar :  menghasilkan batu halus-kualitas warna hijau tua.

Tanggapan 1). Rekayasa atas  visibilitas zamrud : Ini celah yang secara alamiah terjadi dalam sebuah zamrud menghambat kejelasan batu permata. Sebuah metode telah digunakan untuk waktu yang sangat lama untuk mengurus masalah ini. Diketahui bahwa perlakuan minyak dengan minyak alami dapat mengurangi visibilitas dari celah, hal ini jelas meningkatkan kejelasan dan kilau zamrud itu. pengobatan Minyak untuk zamrud secara luas dipraktekkan secara global dan Gemological menerima proses ini juga. Ada beberapa orang yang percaya bahwa memperlakukan zamrud dengan minyak juga meningkatkan daya tahan permata, tetapi, tidak ada bukti ilmiah telah dikemukakan untuk keyakinan ini. Jadi, ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli zamrud, Anda harus tahu bahwa kemungkinan 99% adalah bahwa Anda akan mendapatkan zamrud yang telah diobati dengan minyak. Kami hanya membaca bahwa perlakuan minyak zamrud meningkatkan keindahannya.

Pada saat yang sama, perawatan ini minyak juga panggilan untuk beberapa perawatan tambahan yang harus diambil ketika memakai atau penanganan suatu zamrud. Setelah Anda telah memahami bahwa keindahan zamrud Anda tergantung pada tingkat tertentu pada minyak di permata, Anda akan menyadari bahwa apa pun yang terpengaruh minyak dapat mengurangi atau merusak keindahan permata itu. Mengekspos sebuah permata zamrud ke sumber panas dapat menyebabkan minyak untuk mengeringkan. Ini adalah sesuatu yang juga perlu dipertimbangkan ketika Anda harus memperbaiki permata zamrud Anda. Jika Anda harus mengubah ukuran permata zamrud Anda cincin batu, perhiasan akan perlu melepas batu sebelum mengubah ukuran cincin. Setelah cincin tersebut kembali berukuran dan logam mounting repolished, zamrud akan perlu diatur ulang di atas ring. Ini adalah strategi aman karena panas dan bahkan pemogokan dari salah satu alat keras, bisa merusak zamrud cantik. Perendaman zamrud dalam air sabun atau sabun cair pasti akan membersihkan minyak atau setidaknya buruk mempengaruhi mereka. Sentuhan sedikit sabun mandi saat mencuci tangan Anda mungkin tidak akan mempengaruhi sebuah batu zamrud sangat merugikan tapi, sebuah berkepanjangan perendaman akan merusak batu.


inklusi terlihat selalu hadir dalam zamrud, ini akan terlihat dengan 
mata telanjang dan Anda tidak memerlukan aparat Gemological 

Bahan kimia dan pelarut yang kuat juga dapat berdampak negatif terhadap minyak di zamrud itu. Kami juga akan merekomendasikan bahwa batu permata zamrud tidak dikenakan saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Batu itu bisa retak atau pecah jika terkena dampak fisik. Ada beberapa kabar baik tentang zamrud minyak mengobati. Kebanyakan batu permata perawatan seperti pemanasan, radiasi dan bahkan difusi massal tidak dapat diulang atau setidaknya tidak dapat diulang. Namun perlakuan minyak untuk zamrud adalah sesuatu yang banyak perhiasan dapat mengulang untuk Anda. Sementara ini adalah sesuatu yang seharusnya tidak mendorong Anda untuk menjadi ceroboh atau puas, itu tidak memberikan harapan ketika minyak dalam batu permata zamrud Anda tampaknya telah kering. Informasi di atas adalah sesuatu yang paling permata dan perhiasan penjual sadar. Untuk beberapa alasan yang aneh dan mungkin egois, informasi tersebut selalu menjauh dari pembeli. Pendapat kami adalah bahwa pembeli yang mencintai zamrud yang tidak akan puas dengan permata lain. Berbekal informasi penting yang diberikan pada halaman ini, seorang pembeli batu permata zamrud akan mengurus lebih baik batu permata nya. Ini akan berarti bahwa permata akan terus mencari yang baik untuk waktu yang lebih lama. Kami berharap bahwa permata lebih dan penyedia perhiasan akan mengadopsi metode ini secara terbuka berbagi informasi penting dengan pembeli. Ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dari penjualan. TAMBAHAN PERAWATAN EMERALD Emerald telah dikenal manusia bagi banyak ribu tahun. 

Tanggapan 2, Rekayasa atas  visibilitas zamrud 2:Perawatan Emerald Meminyaki adalah pengobatan umum zamrud. Istilah ini mengacu pada praktek membenamkan zamrud di minyak tidak berwarna atau resin. Seringkali hal ini dilakukan dengan menggunakan ruang vakum untuk membantu penetrasi. perawatan non-standar melampaui ini untuk menggunakan minyak berwarna hijau dan mengeras, separti epoxy resin. Perawatan ini secara dramatis memperbaiki penampilan dari permata, tetapi membutuhkan perawatan khusus dalam membersihkan dan pengaturan. Uap pembersih, pelarut dan ultrasonik dapat menghapus minyak, membuat inklusi yang telah berdiri hampir tidak terlihat di lega tajam. kerusakan Itu sementara saja, karena zamrud dapat kembali diminyaki

Permata dealer Banyak yang percaya bahwa minyak ini membantu untuk membuat batu itu kuat tetapi hal ini tidak pernah terbukti. Apa yang terkenal adalah bahwa perlakuan minyak batu permata zamrud, meningkatkan kejelasan dan kilauan permata. Pengobatan juga mengharuskan Anda untuk mengambil beberapa perawatan tambahan untuk batu zamrud atau permata. Menempatkan sebuah zamrud di dekat sumber panas, mencuci dengan deterjen atau mengekspos ke bahan kimia dapat mempengaruhi minyak dalam gem. Hal ini akan mengurangi keindahan batu permata dan juga mengurangi kejelasan, sesuatu yang Anda tidak ingin terjadi. Semua permata memiliki beberapa sifat khusus yang memerlukan tindakan pencegahan dan perawatan tertentu yang harus diambil ketika menggunakan atau membersihkan permata. Yang benar adalah bahwa Anda akan terus mendapatkan kepuasan yang lebih baik dan lebih lama dari permata zamrud batu perhiasan Anda dengan pengetahuan dari laporan ini. _ By : berbagai sumber (bahasan berikutnya tetap berdasar pada tinjauan pustaka dengan referensi buku karangan Ham San Kay, akan membahas tentang :intan, blue safier dan batu akik.

{ 7 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Doddy Prayudi mengatakan...

mantap banget nhy infonya gan

plese visit back ya

http://d-oddy.blogspot.com/

krisna mengatakan...

super banget penjelasannya.... top markotop... 4 jempol.....

ferdy irawan mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN.

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI RUSLAN SALEH DI NMR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
╔══╗═════╔╗═════
╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
═══════╚═╝═╚═╝══
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

yusuf mengatakan...

kak aku pengen sekali puya baru zambrud yg gituan banyaknya dimana aku orang enrekang

Maryoki Saputra mengatakan...

Bangga jadi orang Dharmasraya

Makinoedin mengatakan...

pengen ku miliki itu batu yang di mahkota

Anonim mengatakan...

BaGuZz BiNgItZ,,, jAdI KePeNgEn AkOeNyA ... aKoE mAu BeLi aCh... DiMaNa yAcH?? rEsPoN kAlAu TaWu YaCh ... MaCiH dAdA :* :)

Poskan Komentar