Sejarah dan karakter batu permata ruby

Dalam bahasa Sansekerta kuno, ruby merah delima disebut ratnaraj diterjemahkan sebagai "raja batu permata." Hindu Kuno percaya bahwa itu adalah "Tuhan dari semua permata." Dari banyak mitos dan legenda mengelilingi kecemerlangan nya, tidak ada batu permata yang dihargai sepanjang sejarah melebihi ruby. Dinyatakan dalam Alkitab dan tulisan-tulisan Sansekerta kuno sebagai yang paling berharga dari semua batu permata, ruby telah 'menghiasi' para kaisar dan raja-raja jaman dahulu 


Sejarah Tambang ruby baru ditemukan di Vietnam Pada tahun 1992, batu mulia hasil tambang dengan produksi batu rubi yang sangat mirip dengan batu rubi dari Burma. Bahkan, geologi tambang baru mungkin merupakan kelanjutan dari formasi yang sama  menghasilkan deposito Burma. Beberapa batu rubi Vietnam baru telah dipuji oleh para ahli sebagai hampir tidak bisa dibedakan dari batu kualitas atas Burma. Rubi banyak pula ditemukan di Thailand. Rubi Thailand cenderung merah gelap dalam nada: merah nyata, cenderung ke arah merah anggur bukannya merah muda, seperti rubi Burma. Hal ini membuat mereka sangat populer di Amerika Serikat di mana konsumen biasanya lebih suka rubi mereka menjadi merah gelap daripada merah muda gelap.

Ruby Mirah colombo seylon
Pertambangan batu rubi merah delima dimulai sejak 2.500 tahun yang lalu, dan sampai saat ini, pertambangan rubi | merah delima masih dilakukan di beberapa bagian Asia seperti Thailand dan Burma, Australia, Pakistan, Afghanistan, dan Amerika Serikat. Namun Burma, yang sekarang dikenal sebagai Myanmar, merupakan sumber yang paling terkenal batu delima halus. Studi menunjukkan bahwa penambangan batu delima di Burma bisa dipergunakan untuk melacak kembali Zaman Batu dan Zaman Perunggu, sebagaimana dibuktikan dengan alat yang ditemukan di daerah pertambangan. Thailand, di sisi lain, zaman sekarang dianggap sebagai pusat perdagangan yang paling penting di dunia ketika adanya perdagangan permata merah delima | ruby. Ada juga penemuan batu delima di beberapa daerah di Vietnam dan terakhir di Madagaskar.

Beberapa batu rubi Thailand memiliki refleksi hitam, fenomena yang disebut jarang ditemukan atau warna telah dalam kategori kepunahan, berupa warna terlihat lebih gelap daripada yang sebenarnya. Tapi rubi Thailand juga dapat memiliki hidup yang kaya merah bersaingan Burma dalam intensitas. Sri Lanka rubi juga bisa sangat indah. Banyak Sri Lanka batu sering merah muda di rona dan banyak pastel dalam nada. Namun bagaimanapun  warna merah di dominasi oleh Burma.

Rubi dari Kenya dan Tanzania mengejutkan dunia ketika mereka ditemukan di tahun enam puluhan karena warna mereka saingan terbaik di dunia. Sayangnya, sebagian besar produksi ruby dari negara-negara memiliki banyak inklusi, terdapat ,  sebab cacat kecil yang mengurangi transparansi. Rubi dari tambang di Afrika jarang transparan cukup untuk facet. Namun, warna fantastis mereka ditampilkan untuk keuntungan penuh ketika dipotong gaya cabochon atau cutting. dengan demikian  terdapatlah beberapa batu bersih dan langka telah terlihat yang kualitas terbaik atas perlakuan tersebut.


Kadang-kadang denda beberapa kualitas atas batu rubi muncul di pasar dari Afghanistan, Pakistan, atau Pegunungan Pamir Commonwealth of Independent States. Daerah di daerah-daerah telah membuat eksplorasi batu permata yang sangat sulit tapi suatu hari nanti mereka dapat menghasilkan jumlah yang signifikan untuk pasar dunia.

Ruby adalah kualitas permata bentuk mineral korundum, dan salah satu mineral yang paling tahan lama yang ada, bentuk kristal aluminium oksida. Korundum memiliki kekerasan 9 pada skala Mohs dan juga sangat sulit. Dalam bentuk umum nya, korundum bahkan digunakan sebagai abrasif. Warna lain selain merah korundum dikenal sebagai Sapphire. The Kromium Unsur bertanggung jawab untuk warna merah permata ini, tapi Kromium terlalu banyak dapat benar-benar berubah menjadi hijau zamrud korundum dalam warna. Perlakuan panas sangat umum dalam batu permata ruby (seperti berlaku untuk semua bentuk korundum) dan digunakan untuk melarutkan "sutra" inklusi, yang menghasilkan batu, lebih transparan berwarna lebih intens. Perlakuan panas dianggap permanen dan biasanya tidak mengurangi nilai dari batu.

 Sumber yang paling terkenal dari batu rubi denda Burma, yang sekarang disebut Myanmar. Tambang ruby dari Myanmar yang lebih tua dari sejarah: batu usia dan alat usia perunggu pertambangan telah ditemukan di daerah pertambangan Mogok. Rubi dari tambang legendaris di Mogok sering memiliki warna merah murni, yang sering digambarkan sebagai "pigeon's-darah" meskipun istilah yang lebih aneh daripada standar praktis yang sebenarnya dalam perdagangan hari ini. Myanmar juga memproduksi batu rubi merah intens merah muda yang juga hidup dan sangat indah. Banyak dari batu rubi dari Burma memiliki fluoresensi kuat bila terkena sinar ultraviolet seperti yang di bawah sinar matahari, yang lapisan pada warna ekstra. Rubi Burma memiliki reputasi memegang warna hidup mereka di bawah semua kondisi pencahayaan.



Karena permintaan untuk batu rubi baik adalah benar-benar hanya dibatasi oleh pasokan yang tersedia kecil, sumber-sumber baru selalu diperlakukan sebagai berita menarik dalam perdagangan. Sebuah wilayah pertambangan yang penting di Burma disebut Mong Hsu. Mong Hsu ruby deposito memproduksi jumlah komersial ruby Burma kualitas komersial dan jumlah juga signifikan ruby Burma kualitas baik, terutama dalam ukuran sampai karat. Ruby Burma sekarang lebih mudah tersedia dibandingkan Thailand ruby, karena terburu-buru ruby baru di daerah tersebut.

Deposit baru juga mempengaruhi pasar modal dunia usaha ruby: Thailand. Banyak pedagang ruby dan pemotong dari Chanthaburi dan Bo Rai telah pindah ke Mae Sai di Thailand. Dalam Tachilek di Myanmar, di seberang perbatasan dari Mae Sai, perdagangan berkembang di Mong Hsu ruby telah mengubah desa menjadi kota makmur. Kebanyakan Mong Hsu ruby dipotong dan dipasarkan di Thailand, pusat perdagangan paling penting ruby dunia. Mungkin 80 persen dari ruby dunia melewati Thailand di beberapa titik dalam siklus perdagangan. The ruby terbesar pabrik pemotongan berada di daerah Chanthaburi Thailand. Bangkok umumnya di mana pembeli dunia datang untuk membeli ruby.


KARAKTER CORAK RUBY
 Faktor yang paling penting (menurut pendapat umum) dalam nilai dari ruby ​​adalah warna. Kualitas top merah seperti yang dapat Anda bayangkan: rona jenuh spektral murni tanpa warna coklat atau biru. Sebuah murni intens, warna warna, merah seragam adalah permata paling berharga. Kejelasan juga penting sekunder, namun permata berwarna baik dengan kekurangan sedikit masih sangat dihargai. Besar ukuran rubi lebih langka daripada berlian dan nilai ruby ​​permata halus meningkat secara signifikan (lebih daripada permata lainnya) dengan berat badan meningkat. Merah Kata ini berasal dari bahasa Latin untuk ruby, ruber, yang berasal dari kata-kata serupa dalam bahasa Persia, Ibrani, dan bahasa Sansekerta. Intensitas warna ruby ​​halus seperti batubara bercahaya, mungkin zat yang paling intens berwarna nenek moyang kita pernah melihat. Hal ini tidak mengherankan mereka berasal kekuatan magis terhadap kebakaran yang terbakar terus-menerus dan tidak pernah padam sendiri. 

Setelah warna, faktor-faktor lain yang mempengaruhi nilai dari ruby ​​adalah kejelasan, potong, dan ukuran. Rubi yang sangat transparan, tanpa kekurangan karena  kecil, lebih berharga dibandingkan dengan inklusi yang terlihat oleh mata. Cut dapat membuat perbedaan besar dalam bagaimana menarik dan hidupkan ruby ​​dalam tampilan  Sebuah batu baik dipotong harus mencerminkan kembali cahaya merata di seluruh permukaan tanpa daerah gelap atau (putih pada bagian lain) di tengah yang dapat hasil dari batu yang terlalu dalam atau dangkal. Bentuknya juga harus simetris dan ada tidak boleh ada nick atau goresan di cat tersebut. Ruby kadang-kadang menampilkan tiga-ray, enam titik bintang. Ini rubi bintang dipotong dipotong cabochon mulus kubah untuk menampilkan efek.  


Bintang yang terbaik terlihat ketika diterangi dengan sumber cahaya tunggal: bergerak melintasi batu sebagai cahaya bergerak. Efek ini, disebut asterism, disebabkan oleh pantulan cahaya jarum rutil kecil, yang disebut "sutra," yang berorientasi sepanjang wajah kristal. Nilai batu rubi dan safir bintang dipengaruhi oleh dua hal: intensitas dan daya tarik dari warna tubuh dan kekuatan dan ketajaman bintang. Semua enam kaki harus lurus dan sama-sama menonjol. Rubi bintang jarang memiliki kombinasi warna bening atau transparan halus dan bintang yang menonjol tajam. Ini permata berharga dan mahal.  

Mitos Batu Merah Delima | KHASIAT Ruby -
Merah delima adalah Batu kelahiran pada bulan Juli & merupakan batu permata ulang tahun untuk tahun ke 15 dan 40 tahun perkawinan. Ruby | merah delima hari kelahirannya adalah hari Selasa, pada musim panas. Permata berwarna merah - bulan Juli jatuh pada bintang cancer, dipercaya pemakai akan memiliki kebijaksanaan, kebahagiaan dan kesehatan, dan membawa keberuntungan sangat baik untuk penjudi dan pecinta. Rubi | Merah delima dipercaya lebih bagus dari jimat atau keberuntungan daya tarik, sehingga mereka menjadi cukup berharga. Keindahan warna mereka tanpa ada saingannya. Dan ketahanan batu permata ini sering memberi kejutan kepada pembeli baru. Rubi | merah delima dipercaya dan dianggap mewakili pengabdian, keinginan dan semangat dan juga dianggap sebagai simbol cinta abadi.

Tendensi merah ruby | merah delima sering disajikan sebagai hadiah untuk merayakan ulang tahun pasangan umur ke 15 dan 40 pernikahan mereka. Meskipun rubi datang dalam nuansa warna yang berbeda merah - dari oranye-merah, merah muda, untuk ungu-merah - bentuk paling berharga datang dengan warna merah tua. Dalam mitos dan sihir, pada saat Borgias (abad ke 15 sampai dengan abad 16), rubi diduga melawan racun sehingga banyak permintaan dari pelanggan! Menurut mitos batu merah delima ini bisa menjadi gelap ketika Anda berada dalam bahaya.


Ketika menggosok rubi kepada kulit dipercaya mengembalikan masa muda dan vitalitas

Pada Abad Pertengahan, ruby | merah delima itu dilihat sebagai batu nubuat - orang percaya batu akan menjadi gelap saat pemakainya berada dalam bahaya.  Dalam bahasa Sansekerta kuno, ruby | merah delima disebut ratnaraj diterjemahkan sebagai "raja batu permata." Hindu Kuno percaya bahwa itu adalah "Tuhan dari semua permata." Dari banyak mitos dan legenda mengelilingi kecemerlangan nya, seorang pecinta batu permata abadi ini mengatakan agar selalu selalu menghargai batu rubi |merah delima karena mereka menjadi bersemangat ketika diabaikan,atau tidak dicintai. Dalam artian , kepribadian anda menjadi simbolis rubi | merah delima , dan pentingnya menghargai dalam hubungan Anda dengannya. Mahkota raja sering menggunakan batu rubi untuk membantu dalam prediksi dan mencegah akibat bahaya yang akan datang. Batu ruby juga merupakan simbol keberanian dan keteguhan hati. Prajurit, menurut cerita, ditanamkan batu ruby di bawah kulit mereka untuk membawa mereka berani dalam pertempuran dan tak terkalahkan. Batu ini juga telah digunakan sebagai jimat terhadap bahaya dan bencana, untuk menghentikan pendarahan dan sejumlah penyakit lain. Warnanya yang intens diduga berasal dari api abadi yang muncul dari dalam batu, atau, seperti beberapa legenda, merupakan potongan dari planet Mars.

Kesetiaan mengenakan rubi di tangan mereka untuk melindungi mereka dari mudah terluka. Mereka juga percaya bahwa batu itu ternyata berwarna gelap ketika bahaya sudah dekat dan kembali ke warna aslinya saat ancaman itu hilang. Demikian juga dipercaya bahwa setiap orang yang memakai perhiasan ruby | Merah delima diberikan kesehatan yang baik, kekayaan, kebijaksanaan, dan keberuntungan dalam cinta dan bisa hidup damai di antara musuh-musuhnya. Ini mungkin salah satu alasan mengapa batu permata ini telah dianggap sebagai salah satu permata paling berharga dalam sejarah. Bahkan saat ini, rubi dipandang sebagai lebih berharga dan langka dari berlian. Ruby | Merah delima mewarisi nyala api yang kekal , kecemerlangan nya, bayangan merah membias pada setiap aspek dari batu, memberikan warna berbeda ketika di cahayakan ke matahari, dan kaya akan legenda yang mengelilinginya. Ini hanya beberapa kualitas rubi | merah delima terbaik yang membuatnya berharga dan langka. Inilah sebabnya mengapa beberapa romantis biru sejati lebih menyukai ruby | merah delima lebih dari berlian. Diamonds dapat menjadi teman seorang gadis yang terbaik, dan ya, mereka mungkin mantra selamanya, tetapi selamanya bukan berarti menyeberang ke keabadian.

Sedangkan ruby abadi dengan| merah delima dikaitkan dengan Matahari di astrologi Weda. Ruby | merah delima melambangkan cinta penuh gairah. Konon mustika merah delima untuk merah delima yang teramat sangat langka jika ditaruh kedalam air dalam gelas maka cahayanya akan bercahaya cemerlang sampai ke 8 gelas. Konon mustika merah delima ini berasal dari tetesan darah Rasulullah Muhammad SAW saat berperang. Ada juga yang mengatakan berasal dari alam gaib yang naik kedunia. Barangkali........< sebuah pendapat.

Ruby jarang ditemukan sempurna di alam - alasan mengapa banyak yang harus melewati heat-treatment untuk mencerahkan warna atau meningkatkan kejernihannya. Peningkatan panas yang permanen merupakan proses yang stabil. Beberapa ruby juga memiliki patahan permukaan atau lubang, yang kemudian diisi dengan bahan kaca untuk memperbaiki penampilan mereka. Isian ini sangat abrasif, bisa pecah, jatuh keluar atau keluar dari waktu ke waktu jika terkena panas. Metode pembersihan yang paling aman untuk ruby adalah dengan menggunakan air sabun (atau pelarut komersial ringan) dan kuas_Berbagai sumber
______________________
Berita terkait : 
* Konsentrasi signifikan yang dilakukan oleh alam ketika habitatnya sendiri tak henti-henti membentuk permukaan planet bumi ini, alam seolah mengerami batu sebagai pasak bumi lalu me-formasi batu-batu mulia sebagai pilihan atas  hasrat impian manusia sebagai salah satu nilai estetika, selengkapnya di.......

keberadaanya tersertakan urutan dan karakter atau khas ciri yang menyertainya dari tiap negara. katakanlah semisal safir yang memiliki warna/i, selain biru atau merah maka batu itu dinamakan “fancy sapphire”. Warna yang paling ideal buat batu safir adalah biru langit dan birunya tidak boleh terlalu kental atau terlalu keputihan karena akan ngaruh dengan har......... selengkapnya di >

{ 1 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Anonim mengatakan...

tata bahasa / redaksionalnya tidak enak untuk dibaca.. Apakah karena terjemahan dari basa asing?

Poskan Komentar